Copyright © tempatMP
Design by Dzignine
Senin, 01 Oktober 2007

[renungan] bukber ala suami tercintah dan teman-temannya

Alhamdulillah, ahad, 30 sept kemarin, acara buka puasa teman2 suamiku berjalan sukses. Karena ini adalah ramadhan pertamaku semenjak menikah, tentu saja, ini juga pertama kalinya aku menyiapkan acara buka puasa bareng suamiku. Yah, itung-itung buat nambah pengalaman klo mau bikin acara besar keluarga. Ternyata memang banyak hal baru yang aku dapatkan dari acara ini. Selain jadi tau bikin perkiraan masakan, aku belajar suatu hal lagi dari suamiku. Pelajaran yang sangat berharga.

 

Rencana ini sudah seminggu lalu direncanakan oleh teman-teman suamiku, dan  berdasarkan kesepakatan, acaranya dilaksanakan di rumah suamiku (rumahku juga dunk). Lalu suamiku sibuk deh nanya ini itu ke aku buat bikin rancangan2 menunya.

 

Biasanya, klo aku dan temen2 akhwat yang ngadain acara buka puasa, setiap orang diberi tanggung jawab membawa makanan. Ada yang bawa sayur, kueh, es buah, de el el. Yang jadi tuan rumah biasanya bertugas menyiapkan nasi, the manis, dan perabotan tentunya. Atau kita patungan bareng2 tinggal minta tolong seseorang menyiapkan semua makanan.

 

Tapi kali ini tidak.

 

Aku: “Temen2 yang lain bawa apa?”

Suami: “Nggak bawa apa2.”

Aku: “ terus, patungan nggak?”

Suami: “rencananya sih, tapi nggak tau ya. Pake uang kita dulu lah, gapapa kan.”

 

Tinggal aku terpana mendengar jawabannya. Ya sudah deh, gapapa. Berarti kami yang menyiapkan semuanya. Mungkin pada patungannya nanti setelah acara.

 

Aku: “menunya apa nih”

Suami: “enaknya kita bikin sayur sop aja, terus bikin ayam goreng, pake kerupuk, oseng2 tempe, sambel terasi… hhmm enak kayaknya.”

Aku: “ terus buat ta’jilnya?”

Suami: “nah, klo itu kita bikin es buah, bikin agar2. kue bolu juga jangan ketinggalan. Terus ditutup dengan makan buah.”

Aku: “nggak kebanyakan tuh?”

 

Hihihi… aku sih kepikiran anggaran yang musti disiapin berapa tuh? Kan bulan-bulan ini lagi cekakakakakakk…. Tapi melihat suamiku yang bersemangat jadi nggak tega deh mau protes. Ya gapapa deh….

 

Ahad paginya, kami pun sibuk belanja-belanji. Sampe rumah aku dan suami langsung nyiangin sayuran, nyiapin bumbu macem2. ngungkep ayam. Masukin ke kulkas mungil kami. Biar ntar sorenya nggak repot tinggal masak. Menjelang ashar, kami hunting cari bolu. Alamak..  harganya dah mahal! Mungkin karena harga telur yang naik kali ya? Ya udah deh.

 

Menjelang magrib teman2 suamiku satu per satu datang. Ada yang bawa buah, ada yang bawa kue. Alhamdulillah, nambah menu. Aku kelabakan nyari sendok and gelas. Masalahnya persediaan di rumah paling ada kurang dari setengah lusin. Sedangkan tamu yang datang diperkirakan hamper 15 orang. Lebih dari selusin. Langsung ke kakak ipar nyari pinjeman sendok and gelas.

 

Mendekati magrib hampir semua teman suamiku datang. Tenyata acaranya memang hanya berbuka puasa. Tadinya aku pikir, ada ceramah sedikit. Nggak taunya hanya silaturahmi. Semuanya asyik bercengkrama. Beduk magrib pun terdengar. Semua makanan sudah diboyong semuanya ke ruang tamu. Ketika aku minta sedikit disisakan buat sahur, suamiku menolaknya. Takut kurang alasannya. Jadilah semuanya diboyong ke ruang tamu. Alhamdulillah, aku masih mendapatkan cukup es buah karena bikinnya emang banyak banget. Aku berbuka dengan es buah sampe puas.

 

Setelah shalat magrib, acara langsung makan2. aku minta diambilkan sepiring sayur ke suami. Aku pun makan sampe kenyang. Tapi aku lupa minta diambilkan ayamnya. Ya sudah deh, mungkin nanti ada sisanya, pikirku.

 

Tapi setelah acara berakhir, aku terpana karena semua kue-kue habis. Hanya sayur sop yang tersisa dan satu potong ayam. Tentu saja aku protes. Kok dihabiskan semua? Kue bolu pun aku belum mencicipi. Hiks… suamiku cuma bilang, ikhlaskan saja. Namanya juga menjamu tamu.

 

“tadi abang ikut makan ayamnya ga?”

“nggak, oseng2 tempenya juga ga sempet makan. Cuma sempet makan nasi dan sayurnya aja. Pengen ngambil ayam, jauh ngambilnya. Kue2 juga nggak sempet nyoba. Takut kurang.”

“hah?” aku bengong lagi. Sama dong kalo gitu. Tapi hatiku sedikit protes. Kan dari tadi aku juga udah capek2 nyiapin, masa nggak boleh ikutan icip2… hiks….

 

“sudah… ikhlas saja. Pahalanya gede loh ngasih orang berbuka puasa.”

 

Yang bikin aku kesel lagi. Teman2nya itu nggak ada yng mau ikutan beresin piring. Bantu nyuci kek. Sampe aku bilang gini ke suamiku, “kalo temen2ku pasti bantuin dulu beres2. jadi nggak dikerjain semua sendiri begini… mana nggak jadi patungan lagi!”

 

“sudah, ikhlas ya… nanti biar abang yang beresin semuanya”.

 

Ugh… mau kesel, nggak bisa… kami pun memakan sepotong daging ayam berdua. lalu aku ikutan beres2. nggak tega liat suami beres2 sendirian.

 

Lama-lama, sifat yang tanpa pamrih dari suamiku itu malah membuatku malu. Maklum, aku orangnya perhitungan banget. Aku jadi teringat kisah sahabat yang rela keluarganya kelaparan hanya untuk memuliakan tamu. Aku masih lebih beruntung masih bisa makan.

 

Ah, suamiku… terbuat dari apa sih hati kamu itu?

12 komentar:

  1. hahaha, kocak juga ceritanya.....pengalaman baru ya Woro, mudah2an dibalas pahala dan kebaikan berlipat ganda dari Allah.....akan lebih banyak lagi pengorbanan yg diminta dari kita sebagai ibu dan istri nantinya.......jadi buat sahur masak apa dong?

    BalasHapus
  2. alhamdulillah, masih ada nasi dan sayur sopnya. jadi tinggal dipanasin sedikit sayur sopnya. hehehehe....

    BalasHapus
  3. Pengalaman pertama selalu berharga mbak. Kalo saya sejak awal sudah niat utk ngundang tamu selalu masak yg jauh lebih banyak daripada takut kehabisan. Kalo ada lebih biasanya orang-2 malah bawa pulang, padahal setelah itu jadi mikir buat kita makan apa ya hahahah :)) Tapi alhamdulillah kok, kalo Allah SWT kasih barokah, percaya atau tidak, biarpun orang makan berkali-2 nambah, masih ada juga kok sisa utk kami sekeluarga. Buktinya mbak Woro masih ada sisa sup dan nasi ya ? Hehehe.

    BalasHapus
  4. duh..jadi terharu..
    semoga jadi amal kebaikan buat mbak woro dan suami :)

    BalasHapus
  5. hihi.. ahad kemarin temen2 ku bukber di rumah ku jg.... istri cuma ketimpa repot nya :)) mudah2an dia ikhlas, walopun setelah nya dia malah demam krn kecapean kali. ;((

    BalasHapus
  6. iya mbak. betul sekali, pelajaran inilah yang aku dapatkan dari suami. awalnya sih, kesel banget, malah punya pikiran tamunya kok nggak tau diri ya? hihihi.... tapi langsung istigfar, karena bukan begitu cara menyikapinya. aku jadi banyak belajar "memberi" dari suamiku.

    dulu waktu masih di single, bila ada acara masak2 untuk menjamu tamu, ibu di rumah selalu menyisakan sedikit untuk orang rumah. biar ikut nyicipin alasannya. makanya, agak kaget aja kali ini.

    BalasHapus
  7. amien... insyaAllah. aku masih harus banyak belajar menata hati nih....

    BalasHapus
  8. semoga istri bang doan cepet sehat kembali ya.... :D insyaAllah nggak kapok kok. asal sang suami ikutan bantu yaa.... hehehehe....

    BalasHapus
  9. Subhanallah...sepertinya para 'lelaki' kita itu memang lebih 'cerdas emosinya' ujung2nya lebih mampu memaknai arti keikhlasan seutuhnya...sementara kita....gubrak! ketauan deh, mesti banyak belajar deh...

    BalasHapus