Copyright © tempatMP
Design by Dzignine
Selasa, 02 Oktober 2007

[renungan] mendapat ta'jil di masjid

baru kemarin sore aku mendapatkan pengalaman ini.

 

kemarin sore, rencananya suamiku akan menjemputku pulang. kata suamiku kira2 pukul 17.00-17.30 baru sampe depok. oke lah, aku tunggu saja di kantor sambil browsing2 mengisi waktu. udah ga betah di ruangan (panas boo.. AC dimatiin), aku memutuskan menunggu di ruang satpam ajah sambil nonton tipi. ugh, acara tipi nggak ada yg menarik menjelang magrib. kebanyakan sinetron dan lawakan. ada sih yg bagus di metrotv, tapi sinyalnya kurang bagus (hihi.. kyk hp ajah!). kresek-kresek gitu.

 

pak satpam tau kali ya aku udah mulai bete. gimana ga bete, aku nunggu sampe hamper jam 6 sore, suamiku blm juga datang. temen2 yang lain udah pada pulang. badanku juga mulai terasa lemes nih. pengen nlp suami, telepun yang ada di ruangan pak satpam nggak bisa dipake nlp ke luar. akhirnya pak satpam mempersilakan aku nelepun suami pake hp pak satpam (duuh... tengkiu ya pak! maklum nih, lg ga ada pulsa!).

 

ternyata suamiku masih jauh. katanya dia akan telat menjemput karena sempat ketiduran di masjid. hiks hiks... padahal nggak lama lagi azan magrib. belum siapin ta'jil nih. suamiku meminta aku cari dulu aja ta'jil sementara untuk berbuka.

 

Cari di mana ya? Di sekeliling kantorku nggak ada warung. Oh ya, ka nada yang jual es kelapa di samping! Beli itu aja deh. Aku ubek2 tasku nyari dompet. Ternyata aku nggak bawa uang! Baru sadar dari berangkat pagi tadi aku nggak bawa uang sepersen pun. Hiks. aku lupa mampir ke ATM. Gimana yah? Mau minjem sama pak satpam malu. Hiks. tadi kan udah dipinjemin hp buat nlp. Mo minjem temen dah pada pulang. Gimana dunk. Udah gitu si dedek aktif banget lagi di perut (mungkin karena lega kali ruangan di perutku, jadi bebas bergeraaak).

 

Huhuhu… sedih banget deh rasanya. Akhirnya, aku memutuskan pergi ke masjid aja deh yang di deket kantor. Masjid At-Taubah namanya. Biasanya kan di masjid suka ada ta’jil gratis. Hiks…tapi pas ke masjid, kayaknya ta’jilnya udah dibagi2 deh. Masih ada nggak ya? Ah, malu untuk minta. Aku cuma berjalan pelan aja duduk di selasar masjid. Pasrah. Laper haus tahan aja dulu sampe suamiku datang.

 

Ketika lagi duduk termangu2 gitu… ada seseorang menghampiriku, dia memberikan ta’jil jatah dia: tiga potong kue basah dan segelas aqua. Aku cuma bisa ternganga…. Ternyata ada yang memberikan makanannya untukku.  Tak lama kemudian, pengurus masjid pun menghampiri orang itu dan memberikan lagi ta’jil ke orang itu. Jadi orang itu tetep bisa berbuka.

 

Aku terharu sejadi-jadinya. Begini ya rasanya diberi itu ketika dalam kondisi tak punya apa2? Aku berterima kasih habis-habisan ke orang itu. Aku panjatkan syukurku tak terhingga kepada Allah. Aku habiskan ta’jil itu dengan perasaan campur aduk. Susah deh menjabarkannya dengan kata-kata. Rasanya seperti dapet rezeki nomplok! Ketika wudhu  dan shalat magrib, aku masih aja nangis… hiks hiks… sore itu aku benar2 mendapatkan pengalaman berharga.

 

Setelah suamiku datang, aku ceritakan pengalamanku dan perasaanku saat itu. Suamiku Cuma senyum-senyum aja. Dia pun mengajakku mencari warung makan dan aku dibelikan jus sirsak yang lezaaat.

 

Lalu, bagaimana ya dengan orang-orang yang kelaparan sampai berhari-hari, tanpa ada orang yang peduli? aku nggak bisa membayangkan gimana menderitanya mereka. Sedangkan aku yang cuma sebentar diberikan cobaan seperti itu, rasanya udah jadi kayak orang termalang di dunia. 

 

Pengalaman ini membuatku belajar berempati. Aku bisa merasakan bagaimana bahagianya mereka ketika ada uluran tangan yang tulus membantu.

 

Ah, kita memang baru bisa mengerti kalau kita sudah mengalaminya sendiri. 

12 komentar:

  1. kalau saya pernah juga buka dimesjid...mau nimbrung nggak enak , malah dipanggil suruh nimbrung

    BalasHapus
  2. hmmm, iya mbak, makanya saya dulu suka ta'jil di masjid, di tempat yang baru ini, nggak ada tradisi begitu :(

    BalasHapus
  3. huhuhuhuhu...mbaaa.......jadi ikut sedih....sedih memikirkan sodara kita yang memang harus puasa tnpa menunggu Ramadhan. Apalagi kemarin aku ikutan dijamu sama teman2--keluarga--kantor suamiku. kami ifthor di Telaga Restourant di belakang Mc-D cibubur...hiks....usai ifthor, kami--aku n suami--bertukar pandangan...persis seperti yang mba pikirkan. klw kami hari ini ifthor dgn makanan yg super mewah, yang menu per orangnya bisa u makan 1 pkn keluarga miskin....huhuhuhuhu....suami mengusir rasa ini dgn permakluman bahwa kita hanya dijamu....tp paling tidak kita bisa berempati ya mba....

    BalasHapus
  4. hehehe... asyik dunk. emang sih, hampir di setiap masjid biasanya menyediakan ta'jil gratis buat jamaah yg datang. pengurusnya akan senang hati menyuguhkan ta'jil itu ke para tamu. cuma biasanya kita yang malu2...

    BalasHapus
  5. oh begitu??? mungkin nggak ada yang bantu ngurusinnya kali?

    BalasHapus
  6. iya mbak. untuk orang-orang yang sering "puasa" bahkan di luar ramadhan, diberi nasi bungkus ala kadarnya aja udah seneng banget! jadi inget cerita mbak tentang anak yang seumur hidupnya belum pernah sekali pun makan daging sapi... hiks....

    aku kan pada dasarnya orangnya kurang 'peka'. dapet pelajaran seperti ini jadi membuka mataku yang selama ini cuek. hiks....

    BalasHapus
  7. Apakah harus selalu begitu ...?

    BalasHapus
  8. hiks... cedih... padahal aye masih ada di sekitar depok, mbak
    lagi bubar di kampus tuh

    BalasHapus
  9. nggak juga sih, mbak.... kesimpulan itu berlaku buatku. aku baru paham klo sudah mengalaminya. lebih 'dalem' ........

    BalasHapus
  10. tapi kan lumayan jauh, jeeeng... gapapa kok. bagus buat pelajaran....

    BalasHapus
  11. Ya Allah, jalan dikit sampe rumah orin mbak woro.... jangan lupa ya bu... kalo bosen nunggu ke rumah orin aja... :D

    BalasHapus
  12. iya nih... aku blm pernah mampir ke rumah orin ya... insyaAllah ya.

    BalasHapus