Copyright © tempatMP
Design by Dzignine
Senin, 02 Juni 2008

[tanya] efek pada bayi yang tidur di kasur yg ditaruh di lantai?

raihana udah pintar guling2. untuk menghindari ia jatuh dari tempat tidur, umi merombak tempat tidur kayunya dan kasurnya langsung ditaruh di lantai. diberi alas tikar dan tripleks saja. ada yang bilang tidak apa2. ada yang bilang nanti dalam jangka waktu lama bisa kena flek. benarkah?

yang jadi pertanyaan:
1. apakah ini berbahaya untuk kesehatan anak?
2. bagaimana sih solusi yang tepat biar si bayi bisa aman berada di tempat tidur?

plis bantu jawab ya...

11 komentar:

  1. kalo bawahnya udah dikasih triplek gpp kurasa, aku juga gitu kok dan buktinya mirza dan jasmine alhamdulilah gak kena flek, yang penting jangan lembab lantainya, sirkulasi udara juga harus bagus, debu2 jangan dibiarkan..

    BalasHapus
  2. Kareem dulu kalo malam tidur di ranajng, kalo siang tidur di kasur yang ditaruh di lantai, karena takut jatuh. entah ada hubungannya atau tidak, kareem ada flek ringan. lutfi gak pernah ditaruh di lantai, di ranjang terus sih, sehat. selama masa pertumbuhannya sebelum bisa naik turun tempat tidur sendiri, pernah jatuh 2 kali, tapi alhamdulillah gak papa, karna nyangkut di rak susu dulu, enggak langsung ke lantai.
    malikah juga enggak tidur di lantai... tapi umur 9 bulanan gitu, bisa kok turun sendiri, diajarin caranya gimana naik turun tempat tidur yang benar dan aman. alhamdulillah gak pernah jatuh.
    kalo khawatir, banyak berdoa aja mbak, insya Allah semua pilihan ada kebaikannya kok :D

    BalasHapus
  3. Flek ini maksudnya apa yah mba..? Sebaiknya yang jelas, TBC kah? Alergi kah? Flu kah? kalau TBC jelas penyebabnya kuman kan dan ini biasanya tertular bukan tiba2 kena TBC, Alergi jelas, pencetusnya apa, Flu? Virus kan..jadi ga ada hubungan dengan tidur bawah...

    Btw flek itu rancu loh, klo diagnosis dokternya flek, tanyakan lebih jelas karena ga ada penyakit nama flek yang ada flek itu noda hihihihi...

    Mmm..untuk tidur dibawah yang jelas kondisinya sekitar bersih, apalagi klo si baby ada alergi, pastikan kasurnya sering disedot debunya atau dibersihkan dijemur gitu...trus hati2 maapppp klo ditempat saya suka ada kecoak nyelonong...hikss dah seribu cara kok yah tiba2 ada..nah worry tidur dibawah klo saya itu...

    Dah gitu worry nya klo sekitarnya ga diperhatiin ntar si baby merangkak kemana gitu, hati2 klo ada colokan listrik, kabel2 deket tempat maennya...

    Mmm itu aja mba sekadar urun rembuk dari saya yahhh...mmuuahh utk babynya...

    BalasHapus
  4. Iya, saya tadi mau nanya flek itu apa sih, ternya dah ada yang nanya duluan. Emang bener, rancu gak jelas. Iya asal bersih dan kita yakin gak ada hal-2 yang berbahaya bagi kesehatan, gapapa kok.

    BalasHapus
  5. oh begitu... klo misalnya maksud flek itu sama dengan paru-paru basah? gimana ya? duh, maaf ya jadi banyak tanya...

    neneknya raihana juga termasuk yang ga setuju raihana tidur di lantai begitu (pake kasur dong..) alasannya ya itu takut paru-paru basah nanti dalam jangka waktu lama.

    kalo liat tetangga, banyak yg anak bayinya tidur di kasur di lantai. alhamdulillah tidak ada yang bermasalah. hhhmm... jadi bingung deh antara takut dan berani. hehehe.

    *ceritanya lagi cari argumen buat neneknya raihana*

    BalasHapus
  6. Ayoo say, paru2 mesti basah..klo kering?? menyeramkan hehe...

    balik lagi, paru2 basah itu bukan nama penyakit...yang ada itu alergi, flu, atau TBC..tidur dibawah perhatiin aja lingkungan sekitar kasur diletakkan. kasur bersih, keadaan lantai tidak lembab, debu dll dll...

    coba join milis sehat deh..klo berkenan aja :-) disana bisa salign sharing gitu kok...

    BalasHapus
  7. Sepertinya yang dimaksud paru-paru basah itu adalah pneumonia. Kalo yang ini banyak penyebabnya, jadi bukan karena tidur dibawah. Kalo ada yang kena gara-2 tidur dibawah, itu cuma kebetulan tidur dibawah tetapi mungkin ruangan atau dirumah itu ada bibit penyakit yg membuat si bayi pneumonia. Jadi penyebabnya bukan karena tidur, tetapi bibit penyakit itu sendiri. Kondisi lingkungan yang lembab, tak ada cahaya matahari (krn cahaya matahari membunuh kuman penyakit), mungkin kasurnya juga kurang bersih jadi bibit penyakit suka tinggal disitu, bisa memicu paru-2 basah pada bayi maupun orang dewasa sekalipun. Krn panjang soal ini, bisa dicari di google mbak. Jangan lupa pula anak-2 yg masih balita kan imunitasnya masih rendah (apalagi yg belum pernah dapet imunisasi), jadi lebih gampang tertular penyakit. So intinya bukan krn tidur dibawah, tapi kondisi lingkungan yang membuat kuman penyakit senang hidup disitulah plus kondisi anak itu sendiri -lah yang memicu terjadinya paru-paru basah.

    BalasHapus
  8. makasih aats masukannya. udah ikutan milis sih.... tapi males buka... hehehe. payah ya.

    BalasHapus
  9. Anakku juga tidur dibawah setengah kwatir juga sih sebenernya..

    BalasHapus
  10. Ikut nimbrung ya bun.
    Klo saya disaranin
    Dr. Spesialis anak.
    Bayi dan anak tidur nya diatas boleh dibawah dg jarak antara lantai ke dasar bed -+10/15cm. Dan bed harus tebal

    Dan g hanya itu. Fentilasi harus baik.. sering di bersihin..
    Kelembapan terjaga...

    BalasHapus