Copyright © tempatMP
Design by Dzignine
Minggu, 04 Maret 2007

kereta wisata depok-ancol PP, nasibmu kini....

tau ga klo PJKA mengadakan kereta wisata ke Ancol PP? aku sebenernya udah tau beberapa tahun lalu. klo ga salah pertama kali dilaunching pertengahan tahun 2005 (lengkapnya baca ini dan ini juga). waktu itu respons masyarakat lumayan tinggi. apalagi di hari-hari libur. di depok sempet jadi omongan. tapi waktu itu aku belom tertarik nyobain. selain karena sibuk kerja, aku lagi sibuk ngerjain orderan. hehehe. so, keinginan jalan2 untuk sementara dipending dulu (kecuali jalan2 ke bandung, huehehehe).


spanduk tentang kereta wisata ini juga udah dipejeng lama di stasiun tercinta, depok baru dan depok lama. kalo ke ancolnya sih nggak penasaran lagi. kan udah sering ke sana. aku cuma penasaran, tuh kereta lewat mana ya? bukannya rel bogor-depok itu lempengnya sampai stasiun kota aja? klo mo belok2 ya di manggarai. terus ke jatinegara trus ke cikampek. pisah deh antara yang ke bandung via purwakarta dan yang ke jawa via cirebon.


berdasarkan rasa penasaran dan emang dah rencana liat pantai ancol (yang murah meriah geto loh) ama suami, kemaren aku nyoba deh naek kereta wisata. naiknya dari depok lama. ongkos resmi yang tercantum di koran2 sih Rp. 19.500,- tapi kita kena Rp 20.000,- /orang.  gapapa deh, mungkin ga ada recehan 500 perak.


kereta pertama berangkat pukul 08.48 WIB. alhamdulillah ontime. terus langsung ke manggarai. tadinya, aku kira pemberhentiannya itu di stasiun juanda, trus lanjut dengan bus ancol. tapi ternyata, dari manggarai, kereta balik arah ke jatinegara. terus dari jatinegara balik lagi ke arah senen. lucu juga ngeliat masinis bolak-balik aja di gerbong mo pindah kemudi.


dari jatinegara kereta jalan terus lewat stasiun senen dan berhenti di stasiun kemayoran. dari sini deh penumpang turun dan telah disediakan bus angkutan khusus ke ancol. dengan bus itu kita langsung diantar ke lokasi yang ingin kita kunjungi. klo mau ke dufan, ya nanti dianter ke dufan, de es te. asyik juga nih. aku and suami jadi nggak perlu turun naek angkot. langsung ke lokasi. lebih praktis dan nggak perlu berpanas2an naek angkot (maklum, nggak punya mobil sendiri).


klo kata penumpang laen, biasanya dulu (nggak tau dulunya kapan. pertama kali mungkin), berhentinya di stasiun ancol, jadi langsung nyebrang ke ancol gitu. nggak jauh2 turun di kemayoran. nggak tau deh pertimbangannya apa. mungkin karena kondisi stasiun kemayoran lebih nyaman dibanding stasiun ancol. nggak tau deh.


setelah puas keliling2. jam 4 kita udah dijemput di depan anjungan yng kita kunjungi. karena aku  ke pantai, ya aku nunggu di halte pantai. begitu juga dengan penumpang yg laen. terus balik ke kemayoran dan pulanglah ke depok... hhmm... asik juga.


mungkin bedanya, sekarang pengunjung yang memanfaatkan jasa ini sudah mulai menurun. jumlah pengunjung yang ke ancol naek kereta ini semakin sedikit. ya aku sih maklum aja. gimana kita bisa mikir jalan2 klo beli beras aja mahal begitu. terus, ga tega juga ngeliat masinis bolak-balik kayak gitu. kenapa nggak cari jalur termudah aja ya? (ato hanya ini jalur termudah?) klo aku sih kepikiran, kenapa nggak dari kota disediakan bus khusus ke ancol. tapi pas mikir2 lagi, usul ini nggak relevan karena supir mikrolet bakalan protes berat. takutnya, dengan menurunnya penumpang KA ini, lama kelamaan trayek wisata ini akan dihapus.  sayang aja sih.


kemaren juga aku maksain jalan karena kesempatan bisa jalan2 berdua suami itu susah didapat. kita dah sibuk dengan aktivitas rutin nantinya. klo sekarang kan ya... itung2 masih penganten baru. hehehe.


buat temen2 yang rumahnya di depok or bogor bisa tuh pake kereta wisata Ancol. keretanya yang AC-loh. tapi klo mau berpetualang dengan naek kereta ekonomi terus naek angkot mikrolet juga gapapa. disesuaikan aja dengan anggaran.


sayang, aku nggak bawa kemdig. jadi nggak ada kenang2annya nih. tapi yang jelas, kenangan di hati sudah terukir dalam. hehehehe....


gambar: dari sini

5 komentar:

  1. Eh iya gimana tuh kabarnya ?

    BalasHapus
  2. masih ada mbak. cuma nggak tau akan bertahan sampe kapan. soalnya penumpangnya makin dikit. bisa2 diapus tuh trayek.

    btw, nggak cuma ancol-bogor aja jurusan keretanya. bekasi-ancol juga ada loh. kondisinya sama, sepi penumpang. mungkin hari2 libur tertentu aja ramenya.

    BalasHapus
  3. masih ada mbak. cuma nggak tau akan bertahan sampe kapan. soalnya penumpangnya makin dikit. bisa2 diapus tuh trayek.

    BalasHapus