Copyright © tempatMP
Design by Dzignine
Kamis, 18 Desember 2008

dia pun pergi

pernah kehilangan seorang sahabat?

belum? bagus klo belum. jangan sampe ya.

pernah? waaa... sedih ga? apa malah senang? hehehe.

aku juga punya cerita nih.

kejadian ini terjadi di tahun 2000-an. saat itu aku lagi sibuk mo bikin skripsi waktu kuliah di ext. unpad dulu.

aku punya teman kuliah waktu di poltek. namanya: ah, sampe lupa tuh saking lamanya. atau saking lamanya aku keluarkan nama itu dari memoriku. hhhmm... aku harus ingat2 nih... hhmm... oh ya, namanya p***t.

waktu kuliah di poltek itu, aku menganggapnya sahabatku. dialah tempat aku curhat, tempat aku menumpahkan rasa sayang, tempat aku meminjam buku-buku lawas. dia itu aku tempatkan sebagai sahabat dalam hatiku. sahabat yang aku rasa benar2 mengerti aku.

ketika aku melanjutkan kuliah s1 di bandung, aku berusaha untuk terus menjalin komunikasi dengannya. baik via email, telepon... bahkan maen ke rumahnya di bogor. setiap aku mau balik ke bandung, aku usahakan via bogor biar aku bisa nelepon ke rumahnya secara lokal. pokoknya selama ini hubungan itu baik-baik saja.

dia memang berbeda dengan teman-teman poltekku lainnya. dari cara berpikirnya, kehidupannya, dan status sosialnya. teman2ku yang lain kebanyakan itu anak-anak yang gaul, lumayan tajir. sedangkan dia, dianggap aneh, menyendiri, dan ketika aku maen ke rumahnya pun kondisinya memang berbeda dengan teman-temanku yang tajir.

tapi dia tetap sahabatku apa pun keadaannya.

di rohis poltek, dia pun menjadi sorotan. dia memang mempunyai pikiran yang lebih liberal. bacaannya pun udah yang berat-berat. susah deh mengikuti cara berpikirnya. tapi buatku sih dibawa enjoy ajah.

asyik kan persahabatanku ini?

lalu tiba-tiba... setelah terakhir kali aku maen ke rumahnya, sendiri, beberapa bulan berikutnya ada email masuk darinya. dia menuduhku macam2. dia menuduh kedatanganku ke rumahnya mempunyai misi tertentu. memata-matai katanya. loh? kok begini? kenapa ketulusanku jadi berbuah begini? terus saja dia menuduh, memintaku menceritakan maksud sebenarnya. terus mencurigaiku. loh ada apa ini?

lalu, dengan begitu saja dia memutuskan persahabatan ini. di email. begitu saja. segala penjelasanku sia-sia. dia tetap tak mau menerima.

sedih banget aku. berhari-hari aku memikirkan emailnya, memikirkan kata-katanya. apa salahku sebenarnya? bingung, sedih.

lalu aku ceritakan hal ini ke teman kknku. saat itu aku lagi maen ke kosannya, sambil menunggu kabar koreksian skripsi dari dosenku. apa kata temanku ini?

"yah, woro... nggak usah sedih begitu. teman itu kan nggak cuma dia seorang. masih ada teman lain yang sayang sama kamu. contohnya aku."

huhuhu... terharu banget aku mendengarnya. aku pikir-pikir lagi memang benar. untuk apa aku terus memaksakan diri bersahabat dengan si dia. kalau dia tidak bisa menerimaku ya sudah. mungkin sudah saatnya berpisah. toh sudah sunnatullah, setiap ada pertemuan, pasti ada perpisahan. aku sih menerima setiap perpisahan.

tapi kalo caranya begini, hanya karena salah paham, aku nggak terima sebenarnya. masih ada yang mengganjal di hati. tapi ya itu, untuk apa dipaksakan. ibarat cinta: bertepuk sebelah tangan.

huhuhu, inilah cerita perpisahanku yang paling pilu. kalo berpisah karena jarak yang membentang, atau karena kesibukan, itu tidak masalah. tidak ada dusta di antara kita soalnya. wajar. ikhlas. tapi klo tragis begini?

ya sudah, terima saja takdir ini. dengan begitu hati menjadi lebih lapang. dan aku masih mempunyai teman lainnya yang bisa dijadikan sahabat.

menjadi sahabat itu ternyata tidak mudah ya. harus melalui lika-liku kehidupan. duileee... iya lah. kalau saja setelah terjadi perbedaan besar, pertentangan, perselisihan, teman kita itu masih ada di samping kita, dia layak menjadi sahabat. tapi kalau belum apa-apa sudah kabur... ngacir entah ke mana... ya dia hanyalah teman kita.

so, siapa yang mau jadi sahabatku? siapkan mentalmu! hahaha!

15 komentar:

  1. Saya kabur. tapi selalu ingin tinggal disisi hatimu, sister. :D

    BalasHapus
  2. kau selalu ada di hatiku..... (kayak lirik lagu lawas ya?)

    BalasHapus
  3. ian masih sahabatan, tp dah ninggalin emak oyo

    BalasHapus
  4. asal... tidak ada dusta di antara kita....

    BalasHapus
  5. jangan ada dusta di antara kita... *nyanyi?*

    BalasHapus
  6. Duhh nih masih ada mamanya cise ;;) hihi

    lagi ga mood aja nge blog, aku jg ada tuh cerita2 sehubungan dengan teman..
    dah berasa paling dekat sedunia deh..eh tau tau kejadian sepele seolah ga pernah ada pertemanan saja..

    Sayangnya aku jg binun, kejadian apa yg buat dia pergi..kata temen satunya sih karena aku menikah..lahh piye toh..memang kan orang sudah menikah ga bisa intens yah kontak2 temen...namanya jg sudah menikah...

    mmm...entahlah hihihi jadi curhat

    BalasHapus
  7. Duhh nih masih ada mamanya cise ;;) hihi

    lagi ga mood aja nge blog, aku jg ada tuh cerita2 sehubungan dengan teman..
    dah berasa paling dekat sedunia deh..eh tau tau kejadian sepele seolah ga pernah ada pertemanan saja..

    Sayangnya aku jg binun, kejadian apa yg buat dia pergi..kata temen satunya sih karena aku menikah..lahh piye toh..memang kan orang sudah menikah ga bisa intens yah kontak2 temen...namanya jg sudah menikah...

    mmm...entahlah hihihi jadi curhat

    BalasHapus
  8. ehmm ehmmm.. lama g mpwalking ada yg cerita keilangan temen yah

    BalasHapus
  9. ceneng deh bs sobatan ama mama cise...

    tul.. sedih ya klo ditinggal temen.. tanpa alasan yang jelas lagi. ya sud... life must go on... klo udah merit emang biasanya temenannya juga ama ibu-ibu juga... hihihi

    BalasHapus
  10. aciiiiiiik.... bisa ikutan nyicip masakan bunda aya niiiii.... hehehe. abis ngiler mulu sih baca resep masakannya.

    BalasHapus
  11. iyah, kehilangan yg lama nggak mpwalking juga....

    BalasHapus
  12. hiks...hiks... binun mo ngomong apa. u knowlah...

    tp kata temenku mba, dlm persahabatan jg akan terseleksi dengan sendirinya siap yg bener2 tulus mo bersahabat dgn kita.

    BalasHapus
  13. aaah... kalaw aku, akunya yang pergi... hahahaha...
    sudahlah yang lewat biarkan berlalu....
    mencoba bersikap baik aja, kalau nggak bisa, mendingan diam... hehehehe

    BalasHapus
  14. yup.... bener itu jeng neneng. akan terseleksi secara alamiah.........

    BalasHapus