Copyright © tempatMP
Design by Dzignine
Senin, 17 September 2007

pengaruh makin seringnya frekuensi gerak bayi dengan puasa

ramadhan ini adalah puasa pertamaku bareng si dedek yang masih di dalam perut. si dedek aku ajak puasa, tujuannya biar terlatih sejak dini. hehehe. tentu saja aku sudah ke dokter terlebih dulu untuk mengetahui kondisi terakhir dedek. alhamdulillah, semua baik2 aja. karena itulah, aku mencoba berazam untuk berpuasa.

 

hari pertama hingga kemarin, aku lalui dengan baik. pernah sih batal sekali gara2 aku merasa pusing dan lemas. *malumodeon*

 

semalam, baru kali ini aku merasakan frekuensi gerak si dedek makin sering. sampe2 segala posisi terasa serba salah. duduk salah, tidur salah, jalan2 salah. ga enak banget di badan. agak enakan itu setelah si dedek dielus2 sama bapaknya terus bela-belain makan nasi walo nggak laper.

 

nah, yang pengen aku ketahui, ada ga sih pengaruh frekuensi gerak bayi dengan puasa kita? apakah itu berarti kita harus berbuka atau penambahan frekuensi itu adalah hal biasa sesuai dengan bertambahnya usia kandungan?

 

aku khawatir, takut gerak bayi itu jadi tanda dia kelaperan. hehehe....

 

buka puasa kemaren sepertinya biasa aja deh. makan korma, minum es kelapa trs makan nasi. nggak lupa minum air putih yg banyak. sahur juga tetep makan nasi dan sayur. minum yg banyak. tapi kok pagi ini terasa nggak enak ya? memang semalam aku lupa minum susu. apa aku masih kurang makan ya? waktu puasa, perut ini emang rasanya kenyang terus. jadi buat ngemil rasanya kenyang. makan nasi cuma dua kali. pas berbuka dan sahur.

 

aku ingin pol puasa bulan ini. jadi nggak ada utang puasa lagi. tapi nggak mau dipaksa deh. aku lihat dulu kondisiku siang nanti. masih kuatkah? semoga. 

14 komentar:

  1. mudah2an si dedek sehat selalu selama ramadhan ini, mbak.
    apa perlu dengerin tante ian tilawah lagi? tambah nendang2 deh kayaknya. hehehehehe

    BalasHapus
  2. kalau nggak kuat nggak usah dipaksa, ada rukhsah, diganti dengan memberi fidyah

    BalasHapus
  3. Mungkin bukan karena puasanya, karena memang kandungannya sudah besar. Mulai lincah, dianya... lucu suka kupegang perut istriku lalu kakak bayinya kasi "high five"

    Banyakin minumnya, karena kata dokter kalo soal makanan Insya Allah nggak kurang, tapi cairan itu yang agak2 perlu diwaspadai

    BalasHapus
  4. Bukannya di qadha aja? perasaan dari om syam dapetnya begitu...pendapat yang lebih kuat adalah meng qadha

    BalasHapus
  5. oh begitu ya... lebih karena aktivitas bayi yg emang lebih lincah! hhmm... seneng deh klo gt. klo soal minum insyaAllah diutamain deh.

    makasih banget ya roel, atas sharingnya! salam buat kakak bayi ya!

    BalasHapus
  6. konsultasikan aja ke ahlinya terlebih dahulu, kalau memang harus berbuka, kan enggak apa2... memang Allah ngasih hadiah keringanan bagi orang hamil.

    BalasHapus
  7. amieeennn.... dan jadi anak soleh yaaa....

    ih, tante ian! geer... kayaknya nendang2nya bukan karena suara tante ian deh. hehehe... tapi karena.... maminya yg cantik! ehm ehm....

    BalasHapus
  8. rencananya sih ahad nanti mo konsul ke bidan ah!

    BalasHapus
  9. ndak, yang lebih kuat adalah membayar fidyah saja dengan tidak ada tambahan qadha' wallahu a'lam

    BalasHapus
  10. jadi pusing...




    "Artinya : Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada akhir hari-hari yang lain" [Al-Baqarah : 185]

    Wanita menyusui dan wanita hamil ini bisa disamakan atau diartikan sebagai orang sakit, akan tetapi jika udzur kedua wanita itu karena ada rasa khawatir terhadap bayi atau janin yang dalam perut maka di samping mengqadha puasa, kedua wanita itu diharuskan memberi makan kepada seorang miskin setiap harinya berupa makanan pokok, bisa berupa gandum, beras, korma atau lainnya. Sebagian ulama lainnya berpendapat : Tidak ada kewajiban bagi kedua wanita itu kecuali mengqadha puasa, karena tentang memberi makan orang miskin. tidak ada dalilnya dalam Al-Kitab maupun As-Sunnah, ini adalah madzhab Abu Hanifah dan merupakan pendapat yang kuat.

    BalasHapus
  11. iya nih... jadi bingung.... yg enak mungkin ya puasa aja yaa....

    BalasHapus
  12. aduh mbak... lincah ya... emang gitu khan udah gedhe, ntar kalo udah ngerasa enggak bebas bergerak lagi, dia bakalan ngambek n minta keluar. mintanya maksa-maksa sampe umminya kesakitan. hehehhehehe sabar ya mbak, emang gitu hamil makin besar makin payah. semoga puasanya lancar. (orin tahun kemarin cuman batal 3 dong. heheheh (n belum di ganti, glekh... uhuhuhuhuhuhu)

    BalasHapus