Copyright © tempatMP
Design by Dzignine
Senin, 24 September 2007

[indesing] makin jatuh cinta pada indesign!

sejak kuliah di poltek ui dulu, klo bikin tata letak, aku lebih sering menggunakan pagemaker. awal kenalnya juga dengan pagemaker. sewaktu kerja di penerbitan juga bikin layoutnya dengan pagemaker.

beberapa tahun belakangan ini, udah ada sofware baru yang lebih canggih daripada pagemaker. yaitu indesign. aku baru berkenalan setahun belakangan ini aja. awal menggunakannya sih rada2 bingung juga. terkesan ribet, ga sesimpel pagemaker. namun, setelah mencoba untuk sering menggunakan indesign, aku kok makin cintah ya ama program yang atu ini! begitu banyak kemudahan-kemudahan dan keajaiban (hiperbola) yang aku temukan.

ada beberapa perbedaan mendasar yang aku rasakan antara pagemaker dan indesign: kemudahan yang nggak ada di pagemaker. di antaranya:

  • bikin autonumbering-nya mudah banget! dalam satu file, aku bisa bikin bermacam2 jenis number yang biasanya di pagemaker nggak bisa disatukan seperti itu. misal, di indesign, penomoran angka romawi dan angka arab bisa digabung sedang di pagemaker nggak bisa. ppffuhh! bisa hemat file kan klo gitu. aku nggak usah bikin file berbeda.
  • undo yang tiada batas!!! ini yang hebring. di pagemaker... huhuhu... boro2 deh. klo udah salah ya salah aja, mesti dibikin ulang and ga bisa pake undo.
  • replace teks layaknya di word! klo di pagemaker, musti atu2 dibenerin. sedangkan di indesign, tinggal replace... beres urusan. hahaha!
  • indesign mirip2 juga proses kerja corel. jadi bisa langsung bikin lengkungan, bulatan, atawa ornamen yang lebih variatif. di pagemaker? musti nge-place dulu kalee....
  • mo bikin kelipatan halaman juga udah bisa di indesign. hehehe... tadinya di indesign CS nggak ada. tapi di CS2 udah dilengkapi. mmuuuah!
  • apalagi ya????

yang masih susah di indesign buatku itu adalah ketika ngatur objek gambar. ketika nge-place gambar, selalu ada dua frame yang menyertai gambar itu. masing2 frame punya fungsi yg berbeda. nah, klo mau gede-kecilin gambar.... masih ribet deh.

yah, walo begitu... tengkiu deh buat pembuat indesign.

-----------------------------------------------------------------

beberapa kutipan artikel tentang indesign dari berbagai sumber:

komentar petra.ac.id

Keunggulan InDesign CS adalah pengguna dapat melakukan undo tak terbatas yang notabene tidak dapat dilakukan bila mempergunakan program design lain seperti Freehand atau Page Maker. Selain itu, setiap objek yang ada dapat diedit dengan mudah, termasuk tulisan atau teks. Beberapa fungsi khusus lain yang semakin mempermudah proses design, antara lain adalah drop shadow, gradasi warna, pemberian outline dan efek 3D pada teks. Adapun InDesign CS juga menawarkan fungsi package yang mempermudah proses pembuatan hasil akhir (output) dengan menyimpan segala bentuk gambar, foto ataupun font huruf secara otomatis dalam satu folder.

komentar republika

Adobe InDesign CS2 merupakan pemimpin peranti lunak untuk lay out dan desain. InDesign menawarkan kemudahan, kecepatan dan fleksibilitas bagi perancang dengan berbagai keperluan. Mulai dari buku teks, majalah dan koran hingga unutk keperluan cross media berbasis XML yang canggih. Pengguna dapat mengekspor berbagai produk dengan menggunakan fitur InDesign snippet. Hal ini memungkinkan pengguna berbagi atau melakukan perubahan secara langsung konten dan layout Indesign dari bagian lain halaman tersebut.

11 komentar:

  1. Indesign merupakan pengembangan Pagemaker yang dibeli Adobe dari Aldus, Indesign menggabungkan beberapa kemampuan aplikasi Adobe lainnya seperti illustrator dan photoshop. contohnya kita bisa place gambar PSD dengan transparent background.

    tapi Pagemaker enaknya adalah penyusunan halaman siap cetak dalam bentuk jilid (saddle stitch dkk) udah lama gak pake juga sih..

    BalasHapus
  2. di indesign cs2 sekarang udah ada fasilitas itu juga loh!!

    BalasHapus
  3. bukannya font italic dari word ketika di-replace langsung ke indesign gak kebaca, mbak? musti ke pagemaker dulu, kan?

    BalasHapus
  4. sekarang aku udah nemu formulanya! jadi nggak perlu missing font lageee....
    seru deh pokoknya!

    BalasHapus
  5. ape formulanye, mpok?
    ntar kasih bocoran, ye

    BalasHapus
  6. hehehe....dah bisa me-list kelebihannya ya Mba...akhirnya...tp ajarin daku juga ya yang masih amatiran....

    BalasHapus
  7. ini berdasarkan pengalaman pribadi aja sih mbak....

    BalasHapus
  8. :D

    dung....
    mbak Woro... cinta sama indesign, jangan lupain page maker, yah.... ;)

    BalasHapus
  9. gak pernah make...
    paling juga pake coreldraw...
    hehehe

    BalasHapus
  10. kalo buat desain koran menurut gua lebih praktis use pagemaker deh... ia sih undonya tak terbatas tp tampilannya ribet... soale serba nanggung mau bikin grafis, banyak tool yang yang ga ada jadi nanggung deh..

    BalasHapus