Copyright © tempatMP
Design by Dzignine
Rabu, 11 Juni 2008

[indesign]dapet "ilmu baru" dari hasil keliling kantor hari ini


lanjutan yang ini.

gara2nya, printer di KBU-ku abis tintanya. akhirnya aku ngungsi ke printer tetangga. karena ga familiar, aku ga bisa nge-print sesuai keinginan. disorientasi mulu katanya. yang harusnya hasil printnya itu landscape.. kok malah portrait. cape deh...

coba tanya ke sana-sini. akhirnya ada pak indra yang bersedia bantu. pak indra mau bantuin ngasih contoh ngeprin dari komputernya. aku kasih deh tuh file indesign ke pak indra.... ada dua folder: font and gambar (buat keperluan link). trus file indesignnya itu sendiri.

pak indra nanya, "kok ga disatuin aja dalam satu folder? pake package! nanti otomatis semua link terkumpul jadi satu folder... kan enak jadi ga terpisah2 kayak gini... pas dibuka filenya juga jadi ga minta link lagi. kecuali font ya...."

oooo... begitu ya pak? baru tau niiih!!! dari pak indralah akhirnya aku menemukan cara nyimpen file yang maknyoos buat dikasih ke bagian separasi: package [Alt+Shift+Ctrl P]. akhirnya pekerjaanku jadi mudah!


jadi... aku ga perlu deh tuh pusing2 nyariin font... de el el....

fungsinya sama kayak di Corel: Prepare for Service Bureau....

beginilah klo belajarnya learning by doing... taunya jadi satu-satu... nggak sekaligus.... begitulah fungsinya sofware... memudahkan... jangan menyusahkan!

akhir kisah, aku berhasil ngeprin juga di printer tetangga. tengkiu pak indraaa....

10 komentar:

  1. saya juga sering learning by doing.. :)

    BalasHapus
  2. trial error ...belum pernah nyentuh indesign ...wekekek

    BalasHapus
  3. belajarnya jadi lebih nikmat ya pak... lebih berkesan dan ga gampang lupa!

    BalasHapus
  4. sringnya pake programa apa ni mas roel? sofware gambar ya???

    klo itu mah aku juga jarang. hihihihi....

    BalasHapus
  5. tengkiu juga.... ian juga sering tuh ngasih "ilmu2 ajaib" indesign.... tuker2an yaaaah....

    BalasHapus
  6. Photoshop, Illustrator

    paling MS publisher yang sekarang sering ..

    BalasHapus
  7. hahaha... butuh 1 semester neh buat ngejelasinnyaaaaaa!!! cape deeeyyy!

    BalasHapus