Copyright © tempatMP
Design by Dzignine
Senin, 14 Juni 2010

beralih profesi

kagok...
nervous...
ngeblank...

itu yang pertama aku rasakan ketika di awal tahun ini aku ditunjuk menangani bagian yang kursinya kosong ditinggal pergi penghuninya terdahulu. bingung mau ngapain... syok... but life must go on. begitu kata orang bijak. akhirnya dengan mengucapkan bismillah, aku bertekad untuk mencobanya.

sebelumnya, aku lebih banyak menangani sisi desain pembuatan buku. jarang sekali aku menangani penaskahan, membuat schedule, apalagi merancang buku apa yang mau diterbitkan. pengetahuanku soal dunia perbukuan tidak terlalu banyak walau aku suka membaca buku. tulisan-tulisan pun sedikit sekali yang aku buat belakangan ini. masa-masa produktif menulisku lebih banyak ketika aku masih di bangku sekolah. ketika kuliah, masih mendinganlah... setelah menikah... duh, boro-boro deh. untuk membaca buku saja aku kesulitan meluangkan waktu.

kini, pekerjaanku menuntut aku untuk mampu menilai, memilah, memikirkan kemungkinan-kemungkinan masa depan si buku... dan ini yang agak sulit buatku, membangun hubungan baik dengan relasi-relasi penerbitan. aku bukan orang yang termasuk ramah dalam bergaul, cenderung cuek, dan tidak pandai berbasa-basi.

namun itu semua harus kujadikan tantangan untuk meningkatkan potensi yang mungkin saja lama terpendam dalam diriku.

ah, aku kadang merasa menyesal... kenapa dulu tidak begini... mengapa dulu tidak begitu... tapi itu tidak penting lagi bukan?

setelah beberapa bulan nyemplung di sini, aku baru menyadari betapa dunia buku Indonesia itu begitu luaaas dan indaaaaah. mengenali penulis-penulisnya yang subhanallaaaaaah begitu cinta dengan profesinya dan karya-karyanya yang menggugah. membuatku salut.

dulu, aku baru mengenal penulis yang suka mampir di tempatku ini. tipenya macam-macam. ada yang baik, ramah... ceria, dan ada juga yang ah, sudah, tak perlu menceritakan hal itu lagi deh. hanya membuatku mual.

aaaaaaaah... kapan ya aku bisa jadi penulis???????????

16 komentar:

  1. curhatannya samaan euy.... makanya baru pede nulis utk anak sendiri :D

    BalasHapus
  2. maju terus pantang mundur, mbak. semangat!

    BalasHapus
  3. ngegantiin posisi Ian ya Mbak..?
    **jadi inget utang ke mb Woro nih..

    BalasHapus
  4. wah, jangan diberi semangat dulu dunk mas roel. saya masih blm menghasilkan apa2 nih. doain aja yah biar selamet hehehe.

    BalasHapus
  5. klo aku mah baru gede di niat doang. aplikasinya masih suka kendoooor alias banyak alasan. hehehe.... kapan2 tulisan buat azzam dikasih tau ke publik dooong hehe.

    BalasHapus
  6. doakan lagi banyak masalah neh
    *dapet dosa warisan... upssss*

    BalasHapus
  7. betul banget mba sya... aku ditinggal sendirian oleh orang-orang itu, termasuk ian hihihihi....

    *hayoooo.. utang adalah.... aku tunggu ya mbak.. aku udah nggak sabar bangeeeeeeeeeeeeeet menantiiii*

    BalasHapus
  8. ini udah nulis di multiply... berarti udah jadi penulis :D

    BalasHapus
  9. amieeeeen... walo kebanyakan nulis tentang anak hehehe...

    BalasHapus
  10. no comment, kalau saya balik curhat..... bisa sehari semalem baca curhatan saya. hihihi

    BalasHapus
  11. hary: hehehe.. nulis curhatan juga nulis loh... walo blm bs dibilang penulis.....

    BalasHapus
  12. ada yg curhat ni yeeee
    hayoooo semangaaaddddd!!!

    BalasHapus
  13. wess... nongol juga nih konsultan aye... ini juga termasuk barisan yang tega meninggalkan dirikuh huhuhuhuhuhu.....

    BalasHapus