Copyright © tempatMP
Design by Dzignine
Senin, 25 Februari 2008

[ASI] kenapa hanya bisa menyalahkan...

sejak melahirkan, produksi asi-ku memang sedikit. berbagai upaya udah dilakukan. suruhan orang udah dicoba. seperti makan sayur katuk yang banyak, makan pepaya dan daunnya, minum habatussauda, minum asifit, minum CDR, minum susu kedelai, minum susu khusus ibu hamil, nyusuin bayi terus-terusan sampe PD sakit2, dipijat biar lancar... tetep aja asi-ku sedikit. aku bingung.

setiap orang mengatakan asi adalah yang terbaik. memang itu aku akui. asi adalah makanan terbaik untuk bayi. kandungannya sudah disesuaikan dengan kondisi bayi oleh Allah. takarannya udah pas. namun, tidak setiap ibu dianugrahi asi yang banyak. malah kata ibu bidan yang memeriksa bayiku (bukan bidan tempat aku kontrol kehamilan. beda orangnya), Allah sudah menyediakannya di usai kehamilan 7 bulan. katanya, ibu yang hamil 7 bulan itu sudah memproduksi asi. PD-nya sering terasa kencang. bahkan ada yang sudah keluar kolostrumnya.

keuntungan asi itu besar sekali. terutama untuk membentuk antibodi dan daya imun yang kuat buat bayi. kata bidan, bayi yang diberi asi lebih kuat dibanding yang diberi susu formula. bayi yang diberi susu formula itu mudah sakit. terutama ISPA. gampang kena flu, de el el.

tapi, kenapa itu semua tidak terjadi padaku? usia 7 bulan, tak ada tanda2 ada asi di PD-ku. ketika melahirkan, bayiku hanya menghisap udara. sedih sekali....

pasca melahirkan, kondisiku kacau-balau secara mental dan fisik. obat-obatan dah aku coba. makan yang banyak, minum yang banyak. tetap saja tak keluar banyak. yang namanya kolostrum juga entah keluar atau tidak. mau tau mau, bayiku diberi formula.

sediiih rasanya setiap memberikan susu botol pada bayiku. hati ini tergores dalam. aku sudah menjadi ibu yang zolim pada anak, tak bisa memberikan yang terbaik. orang-orang sekitar juga terus saja menyalahkan aku. keluarga, bahkan suami. menyalahkan aku kenapa nggak bisa memberikan asi. ah, mereka hanya menambah luka perih di hati ini. tidak cukupkan penderitaanku setiap kali memberi susu botol, aku selalu dirundung perasaan bersalah yang amat besar? kenapa masih saja aku disalahkan?

iri rasanya melihat ibu2 yang bisa menyusui hingga bayinya kenyang.

setiap memberi susu botol, aku hanya bisa menabahkan hati dan berdoa semoga bayiku sehat selalu dengan tangis di dalam hati (udah nggak bs nangis lagi soalnya. dah abis airmatanya).

apalagi kini aku membaca postingan yang katanya susu formula ada yang terkontaminasi bakteri . bertambah bingung hati ini. dengan apa anakku makan?

kini, aku sudah tau sebabnya kenapa asi-ku nggak banyak. Allah sudah mendesain tubuhku seperti itu. aku sudah bisa menerima keadaan ini. kalau Allah sudah berkehendak demikian, tentu ada saja pertolongan-Nya. aku terus berdoa, agar buah hatiku senantiasa sehat selalu.

hiks....

16 komentar:

  1. blm keposting tadi isinya mbak... ini lengkapnya.

    BalasHapus
  2. sama ya mas roel? inginnya sih, plis jangan selalu menyalahkan ibu yang nggak bs memberi asi. ada beberapa kondisi yang membuatnya tak bisa memberikan asi eksklusif....

    BalasHapus
  3. Sama...sedih juga sih...aku coba besarin hati istriku dengan mencoba ngebantuin kalau di lagi ngurus Khansa ...terus jadi agak feeling guilty ASInya dikit ...

    BalasHapus
  4. cup... cup jangan sedih Mba.... ibu mana yg gak pengen memberikan yg terbaik buat anaknya.......
    mudah2 an jgn jadi stress n sedih terus mba... itu juga pengaruh ke asi...

    BalasHapus
  5. yg sabar mba.. mudah2an kl agak rilex produksi asi nya bisa nambah...
    dan tetep menyusui untuk merangsang produksi...

    BalasHapus
  6. say, kata pakar ASI, dokter utami rusli (ada baiknya barangkali konsul ke beliau, di rumah sakit apa tuh di salemba, rumkit kristen, aku lupa), semua juga tergantung hormon si ibu, hormon untuk agar asi keluar ini dipengaruhi juga oleh kondisi psikis si ibu, maaf ya say, setreskah dikau? apa ada yang dipikirin secara alam bawah sadar menekan dikau? coba lihat lebih dalam ke hatimu, barangkali berpisah dengan si kecil nanti kalau udah ngantor lagi, atau apa...
    Aku sempet setres dulu, asiku berhenti total, tapi setelah aku mengurai stressku, pelan pelan asiku kembali...
    dr utami juga mengatakan ada banyak ayat Al Quran yang bercerita tentang ASI, so, pasti ada jalan keluarnya...ayo say, jangan sampai berhenti memberi asi...

    BalasHapus
  7. sabar mba.... Allah telah menetukan yang terbaik untuk hamba-Nya, apalagi yang sholihat seperti Hana dan bunda... :D

    BalasHapus
  8. hiks...hiks... ikutan sedih mba...
    jadi rada takut juga nie denger cerita mba tadi :(

    BalasHapus
  9. hiks...sedih ya mbak, tapi jangan sedih terus2an
    ibu yang baik tidak hanya diukur dari kemampuannya memberikan ASI
    aku ngalamin ini juga waktu anak kedua, cuma bisa 3bln (2bln langsung, 1 bulan perah)
    pdhl waktu anak pertama kelebihan malah asinya, suka diperah stoknya banyak

    BalasHapus
  10. wah sama mba aku juga gitu ko.. smasa hamil aku ga pernah ngerasain PD ku keras karena memproduksi ASI, aku juga SC, trus aku sempet kena baby blues. Tapi alhamdulillah karena aku pede bgt bisa ngasi ASI akhirnya sampe skarang ASI ku masih bisa di miik sama Alika. Padahal aku ga pernah loh konsumsi sgala macam suplemen, susu busui, daun katuk. Yang aku lakukan supaya ASI ku banyak cuma baca buku dan browsing seputar ASI dan ilmu menyusui.

    btw nice share mba.. kl bisa sempetin dateng aja ke klinik laktasi di corollus insyaAllah kl ada niat ASInya pasti bisa lancar lagi, ada loh ibu yg bisa nyusuin anak adopsinya... :) soo.. ayoo semangat karena belum terlambat ingat seperti perintah di Al Quran untuk menyusui sampe 2 taun jadikan itu sebagai pemacu semangat... :)

    BalasHapus
  11. berarti raihana sekarang sudah setahun lebih ya.

    menyusui itu memang perjuangan, bunda. saya menyesal anak pertama (tsabita sekarang mau 6 tahun) saya 'jejali' dua kaleng besar susu formula di awal2 kelahirannya.kok bisa? begitulah, ibu 'hijau' yg kadung disuntik kapitalis susu formula dengan promo ini itu. excuse yg sama, ASI ga kluar sampe 3 hari.
    hingga kini 2 kaleng susu formula tsabita tak bisa saya lupakan.
    psikis, baby blues, mitos, sangat mempengaruhi produksi ASI.
    saya belajar di anak kedua & ketiga, saya berjuang spy bisa ASI eksklusif. kini si bungsu mau saya genapkan agar bisa eksklusif 8 bulan. salah satu yg jadi penyemangat, 'guru' saya mengatakan "sungguh terasa bedanya antara anak yg saya susui dengan yg tidak. si bungsu yg menyusu hingga 2tahun lebih birrul walidayn .."
    semoga Allah mudahkan kita memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita ya, bunda

    BalasHapus
  12. aminn... betul. semoga menjadi pengalaman berharga....

    BalasHapus
  13. makasih bunda atas masukannya...

    BalasHapus
  14. karna mbak setresss makanya tambah gak kluar2....

    BalasHapus