Copyright © tempatMP
Design by Dzignine
Senin, 20 Agustus 2007

balada konversi minyak tanah ke gas

mungkin bagi kalangan menengah ke atas, yang tiap hari emang udah pake gas elpiji buat masak sehari2, masalah ini bukanlah apa-apa. nggak penting. gas di tabung habis tinggal telpun agen elpiji buat nganter yang baru. terus bayar deh. harga 50rb-an mah sepele. atau mau beli kompor gas yang canggih pun nggak ada masalah.

tapi beda banget nih buat kami-kami kalangan menengah ke bawah, yang tiap hari menggantungkan nyalanya kompor dengan minyak tanah. kini cuma bisa meringis pedih. memang, kompor gas gratis sudah kami terima. tapi kualitas kompor gas yang diberi masih jauh dari standar keamanan. selangnya mudah terkelupas. kompornya sering bermasalah dengan pemantiknya. ada yang nggak tahan lama langsung mati semua.

seperti yang aku alami.

di rumah setiap hari aku masak pake kompor minyak. suatu ketika ada temanku yang mendapat kompor gas gratis. karena waktu itu di lingkungan rumahku belum ada pembagian kompor (kami juga blm bikin KK baru di situ, maklum baru pindahan), aku ditawari temanku itu untuk mengambil kompor gas gratis jatah dia. alasannya, dia di rumah sudah punya kompor gas juga. tentu aja aku senang sekali menerimanya. dengan harapan, dengan kompor gas gratis ini aku bisa menghemat waktu dan uang. tapi baru aja sebulan kurang aku gunakan, kompor itu udah ga mau kerja lagi. mogok. gas nggak bisa keluar dari tabung.

bapak sudah aku datangkan untuk ngecek apa yang rusak. ternyata memang kompornya sudah nggak bs dipake alias wassalam. kata ibu sih mereknya emang bukan yang bagus kualitasnya. cepet rusak. selangnya juga harus diganti dengan yang baru yang lebih safety.

hiks... karena blm ada dana buat beli kompor baru, kami akhirnya kembali ke kompor minyak. namun apa daya... ketika hendak membeli minyak tanah di warung, aku dikejutkan dengan harganya yang melambung tinggi. mahal booo.... kata yang punya warung, memang di agen-agen pun dia kesulitan mendapatkan pasokan minyak tanah. kalo pun ada, harganya dah naek.

demi ngebulnya dapur, aku beli juga deh minyak tanah itu.

aku tahu, pemerintah sedang menerapkan kebijakan baru mengganti penggunaan minyak tanah dengan gas elpiji. alasannya, pemerintah bisa menghemat subsidi minyak tanah banyak banget. ratusan juta trilyunan kali. (hiperbolis. hehe). dengan penggunaan gas ini juga memudahkan penduduknya masak dengan cepat dan bersih (bebas noda gosong). tapi, kok ya nggak didukung dengan pemilihan kualitas kompor yang bagus sih? klo kita harus beli lagi sendiri yang bagus apa gunanya pembagian kompor gratis? sama aja dunk kita mesti keluar duit. kalo emang punya duit sih gpp. gimana klo kami emang bener2 nggak punya uang banyak? buat makan sehari-hari aja susah.

terus, kenapa pula harga minyak tanah jadi gila2an? klo dari obrolan temen2 kantor tadi sih, masih ada aja oknum yang emang sengaja mengambil keuntungan dengan menimbun minyak tanah. ugh, tega deh. di beberapa daerah di depok dan jakarta udah terjadi antrean panjang hanya untuk membeli minyak tanah.

temen-temenku yang mendapatkan jatah kompor gas gratis juga banyak yang mengeluh tentang keamanan dan ketahanan kompor itu. ada yang baru dipake sebulan dah rusak. tetangga2ku juga bilang begitu. walo ada juga sih tetangga yang belum menggunakan kompor gas itu karena takut meledug. tapi harapan kami sama: harga minyak tanah jangan naik dunk. apalagi sebentar lagi ramadhan. nggak tau deh gimana harga2 barang nanti jadinya. harga minyak goreng belum juga turun. ditambah lagi ini, harga minyak tanah. nggak bisa membayangkan deh. hiks hiks hik... 

permisi... gambarnya dari sini

7 komentar:

  1. iya, emak gw jg cerita kalo doi susah bener jual minyak
    dapetnye suseh, harganye mahal bener, jualnya kagak tega, eh... takerannya dicurangin pula ama si agen

    BalasHapus
  2. bentar lagi persediaan minyak tanah aye abis nih... siap2 ngurut dada deh dengan harganya.

    BalasHapus
  3. sabar mbak...
    orin pake kompor gas boleh dapet waktu kuis siapa berani... mayan juga...
    di rumah ada tuh komp[or gas jatah, nganggur. mau ditanyain sama bapak,mau dijual apa enggak?

    BalasHapus
  4. Sabar ya Mba, kami juga sudah mulai merasakan dampak dari kenaikan minyak tanah ini hik..hik...
    Kasian juga ya masyarakat Indonesia, pada perayaan HUT negaranya dapat hadiah berupa kenaikan harga-harga.




    BalasHapus
  5. wah... emang mesti sabar nih. kemarin lagi berusaha ngebetulin sendiri kompor gas gratisnya. soale pas mau beli ke warung deket rumah, minyak tanah dah abis, di daerahku udah nggak ada stok. alhamdulillah, setelah dioprek2 oleh suami tercintah, kompornya bisa nyala lagi.... semoga awet!!!

    BalasHapus
  6. kemarin warga kampung aye, ngantri minyak lagi tuk yang ksekian kalinya
    walaupun kopor gas sudah di bagiin secara gratis tapi tetap aja masyarakat memakai minyak demi untuk ngebolnya asap di dapur, itu di sebabkan oleh kurang nya pendapatan masyarakat.
    semoga pemerintah kite, peduli ama kite2 ye
    aminnnn........

    BalasHapus