Copyright © tempatMP
Design by Dzignine
Minggu, 01 November 2009

belajar menyapih... yang penuh dengan air mata... hiks hiks....

Aku berulang kal bertekad untuk benar2 menghentikan proses nenen menenen pada diri raihana. awalnya aku mencoba trial case dengan mengurangi sedikit demi sedikit frekuensi nenen. aku juga mencoba melatih raihana tidur tidak dengan nenen sebagai pengantarnya. mungkin salahku juga kali ya diawal2 dulu suka memberi nenen ketika raihana susah tidur. jadi kebiasaan deh dia baru bisa tidur klo sambil nenen.

Aku juga berkali2 di setiap kesempatan ngajakin raihana ngobrol soal nenen. Aku bilang ke dia klo semua anak usia 2 tahun udah nggak nenen. Aku sebutin deh tuh semua temen2nya yg sepantaran yang udah nggak nenen lagi. Raihana juga udah mulai mengulang2 perkataanku ini. Sering juga dia bilang dengan gayanya yg sok tuee hihihi…., “nggak boleh nenen lagi ya… kan hana dua tauuun….” Nah, klo raihana udah bilang begitu, aku, kakek-neneknya, abi… semua udah kompak bilang, “betuul… anak pinter klo udah dua tahun nggak nenen lagi ya….” Dan raihana selalu jawab, “iyah,” katanya… hehehe.

Namun ya gitu deh namanya juga anak2… lain di mulut lain juga di hati. Ketika mau tidur, masih aja gusrak gusruk nyariin nenen. Aku suka ngetes sih dengan bilang, “ laah… kan raihana udah mau dua tahun…. Nggak nenen kan?” api langsung disahut dengan jeritan sedihnya, sampe beruraian air mata.

aku juga coba tuh mengalihkan keinginannya nenen dengan mengajaknya nyanyi2 dulu sebelum tidur, maen umpet2an… pokoe dibikin capek deh biar cepet bobonya. Tapi ya… kadang berhasil kadang tidak. tetep aja walo dah ngantuk, capek… yang dicarinya tetep: nenen…. aku juga mencoba menahan2kan hati melihat dia nangis kejer begitu sambil mencoba menjelaskan kenapa dia harus berhenti nenen… tapi ya gitu… akhirnya ga tega juga. Ya sudah, yang penting udah usaha hehe.

3 komentar:

  1. ya,memang butuh proses, dan utk kebaikan dedek Raihana sendiri

    BalasHapus
  2. hehe.. jadi orang tua selain cinta juga harus tega. Ini kata bu Elly Risman lho. Kalo nggak tegaan gitu malah ntar nggak baik buat Raihana sendiri. Semakin tergantung dan dia juga semakin tahu bahwa tangisannya manjur. Hehe..
    Ais dulu 1 th 8 bulan. Prosesnya alhamduilllah gampang. tinggal aku bilangin,sudah. Sekali juga mbilanginnya. Trus aku buatkan susu, di mug yang ada mulutnya. Dulu hadiah dari susunya.
    Yasmin, 1 thn malah menyapih dirinya sendiri. :( Ini jelas salahku yang membuat dia lebih tergantung pada ngemut jarinya daripada minum susu. :(
    Gudlak Bun. Coba lagi n konsisten. :)

    BalasHapus
  3. Tunggu sampe teteh san rai siap ajah.. InsyaALlah akan indah pada waktunya tanpa ada jerit dan tangis..

    BalasHapus