Copyright © tempatMP
Design by Dzignine
Selasa, 06 Oktober 2009

[tanya] disapih atau tidak ya? bagaimana caranya?

Belakangan ini, hampir setiap malam raihana selalu aja nenen dalam jangka waktu yang lama. Dalam semalam bisa bangun tiga kali nih bocah minta nenen. Entah karena kondisi tubuhku yang sedang menurun, atau keinginan nenen raihana yang makin menggila, efek yang aku rasakan setiap malam adalah pusing, lemes… seharusnya tengah malam aku harus makan lagi sebagai supply tenaga. Tapi karena rasa kantuk yg amat sangat, aku seringnya malas untuk makan, dan terkadang memang tidak ada makanan yang bias dimakan saat2 itu. Hasilnya aku jadi ingin segera menyapih raihana. Rasanya apapun makanan yang aku makan langsung ludes disedot ama si bocah. Lemes banget deh.

Aku udah pake cara bicara baik2 ke raihana. Setiap aku bilang, “raihana kan udah gede, udah mau 2 tahun… berenti nenennya ya.” Reaksi dia selalu aja nangis kejer seolah2 nggak rela hak nenennya dihentikan. Kadang aku coba cara, “boleh nenen asal jangan lama2 ya…. Itungan kesepuluh udahan ya….” Ini juga gagal karena setiap hendak dihentikan raihana langsung ngamuk.

Kadang klo aku udah nggak kuat lagi malem2nya, aku paksa aja raihana berhenti nenen.. hasilnya tangisnya membahana membelah malam. Terdengar sampe ke tetangga-tetangga. Atau aku minta tolong abi bikinin susu buat raihana. Biasanya sih setelah dibikinin susu baru diam deh. Aku pernah mencoba sebelum raihana minta nenen aku tawari minum susu. Eh, malah nggak mau. Maunya nenen….

Jadi bagaimana ya baiknya? Inginku sih aku nggak mau memaksakan menyapih raihana. Aku ingin dia sendiri yang berhenti. Tapi ya itu, sekarang2 ini setiap dia nenen, aku selalu pusing tujuh keliling, badan lemes ga karuan, rasanya nggak kuat….
 
Untuk menyediakan makanan selalu ada juga sulit. Keadaan ekonomiku kadang tidak mendukung.  Atau aku kasih aja ya yg pahit2 biar raihana kapok nenen? Cara itu punya dampak psikologis ga ya ke anak? Kebanyakan ibu2 katanya sih pake cara itu untuk menyapih anak.

Jadi bingung. Ada yang bs ngasih saran?

9 komentar:

  1. umurnya berapa sekarang? pas Yazid dulu, nyapihnya agak susah, hampir semingguan dia ndak bisa tidur :(

    BalasHapus
  2. Semoga Allah meluaskan rizki ummi dan abinya Rai biar Rai bisa enen sampe puass. Hehehe. *maap teh blm bisa ngasih solusi*

    BalasHapus
  3. Kalau mau serius menyapih memang harus ditega-tegain. Ga bs diharap berhenti sendiri, nangis kejer ya pasti, tahanin aja, digendong dipeluk dialihkan perhatiannya sambil katakan dg lembut dan tegas bahwa sudah waktunya berhenti nenen krn sdh besar. Insha Allah dlm seminggu sdh bs menrima kenyataan. Ok sukses ya, salam utk raihana

    BalasHapus
  4. oh ya satu lagi, yg penting hrs konsisten, jgn tawar2an begitu. Kalau berhenti ya berhenti, dan menghentikannya jangan sambil marah krn anaknya pasti tambah cemas. Sabar ya Buuu

    BalasHapus
  5. hiks... jadi harus ditega2in yah hiks....

    BalasHapus
  6. maaf yah mba...aku termasuk yg kontra klo disapih paksa..tapi emang keputusan kembali kemasing2 bunda nya yah :)

    Allah kasih ASI tuh gampang bgt, makan malam cukup, air putih cukup Insya Allah bisa loh..mungkin bisa beli vitamin tambah darah mbak, mmmm ga terlalu mahal kok, biasanya aku konsumsi klo menjelang mau mens karena aku ngerasa gitu..

    mmm semoga berhasil yah slow weaning nya :) pleasee jgn dipaksa... ^__^

    BalasHapus
  7. iya deh. aku juga ga tega maksanya. berarti harus cari cara biar ga lemes ya...

    BalasHapus
  8. sambil gini aja tuh mba, hayuu dah gede nenen dari gelas yukk, dikit2 lama2 dia ngerti Insya Allah..biar ga lemes emang kudu makan tepat waktu :D ngemil jg ga terlalu kok, makan cukup aja..menyusui ga jadi alasan ngemil mulu yg ada nanti overweight hihi...ngemil aku tingkatin biasanya pas chise sakit mba, soalnya nenen jd sering banget..yg utama sih asupan air nya...

    hihi jd panjang..gudlak yah :) *kisss utk raihana*

    BalasHapus