Copyright © tempatMP
Design by Dzignine
Jumat, 27 Maret 2009

the road to the empire

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: History
Author:sinta yudisia
buku ini keren sekali. aku membacanya hanya dalam waktu semalam saja. bela2in begadang demi membaca 570 hlm. ini rekor kedua setelah dulu aku pernah membaca harpot terakhir dalam satu malam.

buku ini adalah buku ketiga dari cerita perjalanan panjang takudar kembali ke mongol. berkisah tentang kisah pangeran kesatu, keturunan jengis khan, takudar, dalam perebutan tahta kerajaan mongol.

Ia terpaksa harus berperang melawan adiknya sendiri, Arghun, kaisar mongol saat itu, yang memerintah secara diktator dan haus kekuasaan.

ada dilema dalam diri Takudar. menumpahkan darah adiknya sendiri atau tetap bersembunyi dengan konsekuensi mongol semakin menjadi bangsa yang haus peperangan. korban rakyat jelata semakin banyak berjatuhan.

rasa kehilangan yang besar atas kematian orang tuanya yang wafat akibat konspirasi jahat orang-orang sekelilingnya membuatnya enggan bersentuhan lagi dengan kekuasaan. dia ingin menghilang... menjadi orang biasa.

takudar sudah tidak mengharapkan kekuasaan itu lagi. walau sebenarnya, sebagai putra mahkota, dia berhak atas tahta itu. tetapi, begitu banyak harapan yang disandarkan pada pundaknya untuk membenahi ketidakadilan ini.

dan yang terpenting baginya, ada tanggung jawab besar yang harus dia penuhi: meneruskan janji ayahanda tercinta, kaisar Tuqluq Timur Khan, penguasa kekaisaran mongolia, terhadap Syaikh Jamaluddin.... membawa mongol pada cahaya Islam.

janji itulah yang akhirnya membawa dirinya berhadapan langsung dengan adiknya yang sangat ia cintai....

novel berlatar sejarah mongol yang penuh intrik dan konspirasi politik, bertabur heroisme dan romantisme... menggetarkan... mengharukan....

aku seolah-olah sedang mengalami sendiri pergolakan di masa itu. aku seperti menonton film laga di kepalaku. berkelebat...

pokoe kereeeeeeeeeeen.....

sayang, mbak sinta seperti terburu-buru menyelesaikan endingnya, jadi kurang romantis nih. hehehe. aku mengharapkan happy ending loh... tapi kok sad ending yah. huhuhu.....

NB: untuk mbak sinta... buku kesatu dan keduanya juga bagus bangeeeeeeeeeet!

0 komentar:

Posting Komentar